Cerita Kopi (Andrea Hirata)

Baru saya temukan filosofi kopi menarik di buku yang sedang saya baca. Saya tidak tahan untuk tidak mengutipnya, karena sungguh ini mengundang senyum geli dan anggukan setuju.


Mereka yang menghirup kopi pahit umumnya bernasib sepahit kopinya. Makin pahit kopinya, makin berlika-liku petualangannya. Hidup mereka penuh mintaian mara bahaya. Cinta? Berantakan. Istri? Pada minggat. Kekasih? Berkhianat di tempat tidur mereka sendiri! Bayangkan itu. Bisnis? Mereka kena tipu. Namun, mereka tetap mencoba dan mencipta. Mereka naik panggung dan dipermalukan. Mereka menang dengan gilang-gemilang lalu kalah tersuruk-suruk. Mereka jatuh, bangun, jatuh, dan bangun lagi.

Mereka yang takaran gula, kopi, dan susunya proporsional umumnya adalah pegawai kantoran yang bekerja rutin dan berirama hidup itu-itu saja. Takaran gulanya dua sendok. Mereka tak lain pria 'do-re-mi', dan mereka telah kawin dengan seseorang bernama bosan. Kelompok anti-perubahan ini melingkupi diri dengan selimut dan tidur nyenyak di zona nyaman. Proporsi gula, kopi, dan susu itu mencerminkan kepribadian mereka yang sungkan mengambil resiko. Tanpa mereka sadari, kenyamanan itu membuat waktu, detik demi detik, menelikung mereka.

Cirinya : 4 sendok kopi, ini termasuk kental, tapi ditambah gula, setengah sendok saja. Orang-orang ini merupakan ahli pada bidangnya. Mereka bertangan dingin dan penuh perhitungan. Mereka bukan tipe pegang-lepaskan-pegang-lepaskan. Mereka adalah tipe pegang-cengkeram-telan. Namun, adakalanya mereka adalah pecinta yang romantis. Takaran kopi semacam itu membuat mereka merasa pahit dekat tenggorokan, namun terbersit sedikit manis di ujung lidah.

Adapun mereka yang sama sekali tidak minum kopi adalah penyia-nyia hidup ini.

(dikutip dari Cinta di Dalam Gelas, Andrea Hirata, Mozaik 8)

3 winds from friends and strangers:

kristy said...

cih...ternyata aku ini menyia2kan hidup.

novel. said...

iya mbak. bener. kamu menyia2kan hidup.

*hloh, hihihi*

calosa said...

suka poto yang paling bawah!!

a little wind

My photo
i bake my own bread for breakfast, i craft everything i could think of, i watch arsenal, i dream of alaska, and i befriend old cameras. my world rotates on september.

inspiration.

 

subscribe for my updates