selamat pagi.

sudah hampir setahun saya menempatkan diri saya di negara kecil ini, dan baru kemarin saya menyadari bahwa ada yang belum pernah saya lakukan di sini.

saya belum pernah menyatu dengan kehidupan pagi hari para penduduk singapore.

kalau weekend, saya selalu bangun siang. memuaskan hasrat tidur yang selalu tidak pernah puas kala weekdays. lalu kemarin, saya bangun pagi-pagi sekali..bahkan lebih pagi daripada waktu bangun tidur di hari biasa. menyambangi bus saat hari masih gelap, menuju changi beach, untuk melihat sunrise.
walaupun pada akhirnya, hari sudah terang saat sampai di changi beach dan kami melewatkan prosesi matahari mengintip di horizon. tapi, itu kala pertama saya bangun pagi-pagi sekali dan keluar dari peraduan untuk menikmati pagi hari di singapore.

membiarkan angin pagi yang sejuk menerpa pipi.
menyaksikan kabut pagi yang pelan-pelan menipis.
ikut berdenyut bersama dengan debur kota singapore yang mulai mengulet bangun dari tidur.
ikut menyaksikan aktivitas-aktivitas pagi.
ikut membuka mata bersama kota singapore.
rasanya berdebar.

setelah puas menangkap potret pantai, kami beranjak sarapan menuju 24hrs KFC di bedok interchange. dan lagi-lagi, saya terkesima.
melihat hal baru. merasakan hal baru. saya malu, baru bangun di saat matahari tinggi, padahal banyak hal yang terjadi di luar saya.. banyak hal yang mulai bergerak.. banyak hal yang menjadi saksi di kota ini sejak pagi..

saya duduk, mengangkat kaki.. benar-benar menikmati suasana pagi itu.
mengunyah honeymilk bread, twister tanpa tomat, dan dan menyeruput kopi krim saya. mengingat, bahwa beberapa tahun yang lalu.. setiap pagi, saya selalu menikmati pagi di kampus saya. keluar sebelum matahari terbit, naik ke atas atap bangunan di kampus saya, dan melihat sunrise. (berkah begadang terus-terusan di studio kampus saya)
indahnya.
lalu berjalan-jalan di lapangan rumput basah, sambil melihat ke arah sungai belakang kampus. entah melakukan apa, itu tidak penting. udara pagi sudah membius saya.
lalu duduk di kantin (kantin teknik/kantek), dan menunggu abang-abang atau mbak-mbak ada yang membuka warungnya, sambil melihat kesibukan segelintir orang yang sholat subuh di mushola belakang ataupun mulai membersihkan kantin. dan di saat itu, saya menjadi saksi bangunnya kampus saya.
.. dan itu, melegakan.

sama seperti kemarin.
saat orang-orang mulai berdatangan ke KFC, memesan menu sarapan mereka. duduk diam di kursi masing-masing sambil membaca koran.
memang berbeda hidupnya dengan pagi hari di kampus saya.
namun, tetap saja.. itulah pagi.
di saat hari masih berjalan lambat.. namun, lambat bukan berarti berhenti. karena, lambat berarti akan menuju cepat.
dimana, menggeliat merupakan sebuah aktivitas normal. menggeliat menuju percepatan.

:)
selamat pagi, semuanya.

Comments

cin...btw kmrn itu KFC bukan McD :p
liat matahari pagi ini? Gw nyampe Stasiun Tanjong pagar sekitar 8.10, liat matahari masih melah bulat :P
novel. said…
iya.. fi..

lupa. terlalu banyak similaritas pada junk food. hehe. pun gue masi tetep suka junk food. :p ntar di-edit.

enggak liat fiiii.. 8.10 baru berangkat dr eunos. maklumlah. too far from home. hehe.

Popular Posts