[obrolan saya dan teman saya]

awalnya iseng menjabarkan kekecewaan tentang praktik berarsitektur yang dianggap 'mudah' dan 'bukan apa-apa' dibandingkan dengan profesi dokter. dokter yang konon didewa-dewakan dan dianggap profesi paling 'keren' sejagad raya. (ooops! no offense, doc!).

pendeknya, kami kecewa dengan judgement publik yang mengatakan kalau arsitek itu profesi mudah. padahal, arsitek itu harus mengarungi rentang waktu panjang untuk bisa memiliki gelar 'arsitek', paling tidak sepuluh tahun. kurang dari itu, we're just kids. dianggap bukan apa-apa dan hanya akan disuruh-suruh oleh senior.

arsitek itu mempertanggungjawabkan keselamatan orang banyak, khususnya di bangunan publik. kalau bangunannya gagal, maka arsitek yang akan disalahkan. hukum keprofesian arsitek masih lemah.. *tarik napas dalam-dalam, sedih*

arsitek itu harus berhadapan dengan klien-klien ngeyel. yang merasa 'membayar' dan merasa bisa 'menjajah' intelektualitas si arsitek. mereka akan dengan santainya berkata, "saya cuman butuh gambar saja dari kamu, sisanya tinggal saya kasih ke tukang aja." ouch! arsitek disejajarkan dengan tukang. okay, then.
sedangkan dokter.. they can say whatever they want, though people hire them. *tarik napas dalam-dalam plus geleng-geleng kepala*

arsitek itu harus berjuang di kaki sendiri sampai mati. walaupun nilai proyek besar, namun pendapatannya kurang dari 10% dari jumlah nilai proyeknya, dan itu harus digunakan untuk bayar ini-itu (pegawai, listrik, pajak, keluarga, dan untuk menopang perusahaannya dalam waktu beberapa bulan ke depan, dll.). arsitek itu profesi yang tergolong 1000% swasta. lihat saja, resesi seperti ini, banyak perusahaan pembangunan bangkrut, banyak perusahaan arsitek memecati karyawannya karena tidak sanggup bayar. senior arsitek di Indonesia, harus menabung bertahun-tahun untuk beli mobil (untuk DP saja), dan mencicil bertahun-tahun untuk melunasinya.
sedangkan dokter, baru beberapa tahun lulus, sudah bisa beli mobil. masa tua sudah punya kas 'gemuk' di bank, tidak perlu pusing memikirkan bagaimana prakteknya akan tetap jalan. *tarik napas dua kali lebih dalam*

bukankah hidup ini terkadang tidak adil?
haha. *tertawa sinis*

arsitek kuliah dengan jam yang lebih panjang. lebih sering tidak tidur seminggu penuh. menempuh sepuluh tahun waktu untuk menjadi 'arsitek betulan'. dan mendapat uang jauh lebih sedikit.
... dan orang-orang masih bertanya ragu, "emang segitu susahnya apa kalo kuliah di arsitektur? emang ngapain aja sih nggak tidur seminggu?"

we're not jealous. hanya merasa diperlakukan dengan tidak semestinya. toh, setiap profesi ada rejekinya masing-masing.
setidaknya dengan menjadi arsitek, ada sebuah karya yang akan berdiri dan jadi monumen untuk diperingati sampai akhir hayat (kalau tidak dirobohkan). ada kepuasan batiniah tersendiri.


"hey, people..!!"
..i'm just gonna sigh, deeply.


so tiring!
[and, i'm stuck in this world..]

2 winds from friends and strangers:

melur said...

haduh.. jangankan elo vel, orang2 juga sampe sekarang banyak banget yang ngeremehin profesi jurnalis/wartawan.. makanya gue kesel banget, kesannya orang nulis tuh cuma nulis doank, ga pake otak apa..
(kalo elo dibandingin ama dokter, nah kalo gue dibandingin ama arsitek which used to be my former job) nah gimana gak sakit hati.. to be fair, gue udah pengen pekerjaan di majalah ini dari dulu juga gitu.. ah udah ah jadi panjang gini kan (pelacur = pelan-pelan curhat).. haha..

yah intinya, gue juga sampe sekarang akhirnya NEVER JUDGE A PERSON BY THEIR JOB.. bener2 deh, karena menurut gue semua pekerjaan itu MULIA dan punya kiprahnya masing2!

piss ah
*ngos2an capek ngomong hihi*
wassalamualaikum wrb

novel. said...

iya nih..
pepatah 'tak kenal maka tak sayang' itu emang bener-bener berlaku.
mereka nge-judge padahal mereka ga kenal sama profesi itu.

daripada nyakitin orang,,mending ga usah komen ga sih? :(

(piss buat para dokter kalo gituh)

a little wind

My photo
i bake my own bread for breakfast, i craft everything i could think of, i watch arsenal, i dream of alaska, and i befriend old cameras. my world rotates on september.

inspiration.

 

subscribe for my updates