mungkin..perubahan?

Kemarin..saat berlibur..saya dan teman-teman saya merindu.
Merindu rumah.
Rumah di Singapore, sebuah kesamaan yang dibagi di antara kami. Saat benar-benar lelah, kami rindu ranjang yang setiap hari kami rebahi. Saat benar-benar ingin menutup mata, kami rindu kamar yang kami datangi setiap hari.

Aneh. Kami tidak merindu rumah dimana orang tua kami berada. Aneh. Kami tidak merindu kampung halaman.

Lalu, saya membuka mata hati saya lebar-lebar.
Saya pun sepertinya tidak akan 'pulang' dalam waktu dekat. Menyadari bahwa hati saya masih menginginkan kaki saya untuk terus melangkah ke luar dari rumah, menjauh dari Jakarta. Menyadari bahwa langkah saya masih panjang, masih jauh dari perjalanan untuk 'pulang'..dan sepertinya memakan waktu bertahun-tahun.

Dan saat saya pulang nanti, semuanya pasti sudah berubah.
Rumah saya sudah berganti.
Suasana rumah menjadi baru.
Wajah-wajah yang saya kenali akan menua.
Kamar saya akan hilang.
Lemari saya sudah tidak akan sama lagi.
Dan..langkah saya pasti sudah tidak akan sama lagi saat melewati pintu rumah.

..karena, semua pasti akan segera berubah dalam tahun-tahun yang saya lewati di luar rumah.

Hhh, perubahan yang pasti menyesakkan.

Comments

Popular Posts