perubahan.

[berdasarkan komennya toge.]

life's all about changing. and more changes in architecture life.

sorry. i disagree..in some ways.

ada banyak hal yang sudah ada di tingkat kenyamanan tertentu dan sebaiknya tidak diganggu gugat. karena itu menciptakan kenangan. kenangan adalah bagian penting dari arsitektur. ketika sesuatu berubah, maka manusia juga berubah, kenangan juga akan terpinggirkan..hanya sebagai salah satu aspek sintesis berarsitektur.

terlepas dari arsitektur.
apakah perubahan itu baik? apakah selalu berubah itu baik? apakah perubahan itu menyenangkan?

menurut subyektif gue, perubahan membuat hidup jadi berwarna. tapi apakah warna itu lama kelamaan akan membuat bosan? justru perubahan yang terus menerus mengakibatkan ke-statis-an. statis dalam dinamisme. dan dinamis dalam statisme. semuanya bisa menjadi sama maknanya pada titik tertentu.

"tahukah kalian kalau steven holl itu setiap hari selalu bangun pagi dan membuat sketsa kota dengan sudut pandang yang sama, yaitu dari jendela kamarnya?"

isn't it the same?
dia melakukan hal yang sama setiap hari. tapi dari hal yang sama itu, dia bisa menangkap "perubahan" yang terjadi pada kota melalui sketsanya.

"perubahan dan kestatisan bisa berjalan beriringan."

berkaca pada dunia kemahasiswaan. yang sekarang terjadi adalah kestatisan. kestatisan yang menjadikan apa yang seharusnya berubah menjadi "beku". tapi yang seharusnya tidak berubah, justru bergolak,,berubah dengan tidak memakai batasan pasti..membuat semua berubah tapi tidak memiliki tolok ukur dan tidak menggunakan "kenangan" sebagai alat refleksi dan introspeksi.

jadi, kalau boleh memilih..bukankah lebih baik kalo kita menggunakan rutinitas steven holl?

nggak semuanya berubah, harus ada pihak yang "diam dan statis". menjadi orang yang melihat perubahan. dan tidak semua orang statis dan diam itu menerima semua perubahan. harus ada kritik, supaya perubahan yang terjadi adalah yang terbaik.
kita menempatkan posisi sebagai pengamat, sebagai kritisi, sebagai penonton. sementara "mereka" sebagai lakon-lakon utamanya. dan apakah akan ada happy ending? tergantung sang sutradara dan aktor-aktornya..apakah kritik-kritik didengarkan? atau tetap berjalan saja dengan menutup telinga?

0 winds from friends and strangers:

a little wind

My photo
i bake my own bread for breakfast, i craft everything i could think of, i watch arsenal, i dream of alaska, and i befriend old cameras. my world rotates on september.

inspiration.

 

subscribe for my updates