Rindu Indonesia-ku.

Ternyata kampung halamanku ngangenin banget (banget banget).. Banyak hal ng-Indonesia yang ternyata emang bener-bener cuman ada di Indonesia. Huhu..rinduku padamu.

Rindu tukang gorengan, tukang bakso, tukang ketoprak, tukang rujak, tukang mie ayam, tukang somay,, dan tukang-tukang lainnya yang bertebaran di trotoar Jakarta. Rindu rindu rindu. Rindu duduk di bangku kayu di bawah pohon, sambil megang mangkok, dan ditemani debu-debu jalan raya dan suara knalpot, pun klakson mobil..ternyata bakso,somay,rujak,gorengan,mie ayam yang pernah masuk ke perut itu semuanya enakkk.
Kalo di Singapore,,susah banget mo "ngemper" di pinggir jalan..kesannya negara ini penuh "tata krama" yang sebenernya bukan "tata krama". Ini itu ndak boleh..bahkan para "tukang2" yang bebas merdeka berjualan di Jakarta, di sini nggak eksis. Payah nih,,Singaporean nggak kreatif..di sini nggak ada gerobak, kaya gerobak Indonesia yang centil-centil dan penuh dengan semboyan aneh-aneh khas wong Indonesia.

Rindu para supir bus dan angkot yang suka ngebut sana sini dan nyalip nyalip,,teriak-teriak sesama supir, kenek yang berisik, dan badan besi yang seradak seruduk menepi di pinggir jalan buat ngangkut penumpang yang melambai dari tepi jalan. Kesemrawutan itu ternyata ngangenin..bikin para Jakartans jadi punya bahan tontonan kalo lagi nunggu angkutan umum..dan bikin hari jadi berwarna. Seni bekerja di Jakarta adalah nunggu angkot di pinggir jalan yang panas dan berdebu..pas udah naik angkutan umum,,berjibaku dengan kemacetan dan diwarnai suara kenek yang teriak-teriak manggilin penumpang, plus sopir yang lihai meliuk-liuk dengan kendaraan besinya.
Kalo di Singapore,,semua orang penuh dengan ketertiban. Aneh deh,,masa ga punya gejolak memberontak sama sekali ya? Manusia-manusia di sini udah kaya robot semua..pantesan gampang stress (baca blog sebelom ini). Di sini semuanya serba tepat waktu,,dan diitung per menit (haduh,,niat bener yaaaa ni orang2..), ga bakal nunggu lebih dari 10 menit kalo nunggu kereta..paling lama 8 menit. Nunggu bus juga gitu. Tapi karena semua bus pada berenti tepat di haltenya, gue jadi sering ketinggalan bus..padahal kalo di Jakarta kan bisa seenaknya berentiin bus di pinggir jalan,,jarang deh yang namanya ditinggal bus..yang ada juga ditungguin bus karena busnya ngejar setoran dan alhasil menyebabkan jalanan macet.

Rindu ITC.. hehe. Dasar cewek. Kangen belanja pake nawar dan ditemani dengan bau jagung manis, atau mbak-mbak yang teriak-teriak nawarin dagangannya. Harganya murah. Kualitas juga ga jelek-jelek banget kalo jago milih di antara puluhan toko berjajar di blok-blok bangunan ITC. Rindunyaaaaaaaa..
Kalo di Singapore, kalo mo murah palingan ke Bugis..dan barang-barangnya nggak murah dibandingin standar Jakarta.. Paling banter yaaaa..nunggu barang-barang branded yang didiskon kaya sekarang : Great Singapore Sale. Tapi,,itu kan setaun sekali dan nggak murah juga!

Rindu orang-orang yang berseliweran dan ngomong bahasa Indonesia. Ya ampun,,rindu bahasa ibu, rindu tanah air, rindu merah putih.

Aku rindu polusi. ~ Rindu "kerusuhan". ~ Rindu dinamika. ~ Rindu keramaian. ~ Rindu "ramah tamah" dan basa basi. ~ Rindu senyuman dari orang yang papasan di jalan. ~ Rindu ngempit tas di depan karena takut dicopet. ~ Rindu kehidupan yang ada napas Indonesia.





0 winds from friends and strangers:

a little wind

My photo
i bake my own bread for breakfast, i craft everything i could think of, i watch arsenal, i dream of alaska, and i befriend old cameras. my world rotates on september.

inspiration.

 

subscribe for my updates