perjalanan mengurus ijin kerja

Beberapa waktu belakangan gue musti bolak-balik ke MOM di Havelock Road buat ngurusin S Pass. Kirain bakal butuh waktu 1 hari doang, eh nyatanya sampe 3 hari. Bosen menyambangi Clarke Quay, secara 3 hari sebelomnya gue juga aktif berkunjung ke MOM nemenin temen gue yang juga ngurusin S Pass-nya. Gue jadi familiar dengan MRT Station Clarke Quay dan juga keberadaan Burger King di Central Plaza, dan makan BK Chicken mealnya. Huh.
Hari pertama perjuangan gue, mengantri dengan nomer antrian U 460. Setelah menunggu selama 2 jam, akhirnya tiba giliran gue. Gue udah nyiapin formulir MOM online yang diprint sama company, fotokopi paspor, foto diri, dan fotokopi ijazah. Gue menghampiri counter yang ditentukan oleh sebuah layar antrian raksasa (kalo nggak salah, gue di counter 17), duduk di depan mbak-mbak bertampang melayu. Gue langsung aja bilang mau ngurus S Pass, dia langsung meriksa-meriksa dokumen yang gue bawa, nanyain ijazah dan meyakinkan kalo semua info yang tertulis di formulir MOM udah bener. Pas udah lengkap semuanya, trus dia nanyain tentang medical insurance. Seinget gue sih,,bos gue pernah bilang kalo dia bakal ngurusin medical insurance buat keperluan work permit ini. Jadi, gue bilang kalo perusahaan udah ngurusin buat gue, eh ternyata pas di cek online..si medical insurancenya belom beres. Huwaaa..ditolak deh gue,,gue disuruh nelpon ke kantor dan make sure kalo medical insurancenya udah di-update. So, hari pertama, gue pulang tanpa hasil. Pas sampe di rumah, gue langsung kirim email ke kantor dan bilang kalo gue ditolak di MOM karena medical insurancenya belom di update. Tapi hari itu nggak dibales-bales emailnya.

Besok paginya, email gue udah dibales sama kantor dan dia bilang bakal ngurusin pagi itu biar gue bisa nyelesaiin urusan work permit hari itu juga, gue disuruh nelpon ke kantor setelah jam 11.
Jam 11 lewat dikit, gue nelpon ke kantor..nanyain tentang si medical insurance yang jadi masalah penolakan MOM. Trus gue dikasih sederet nomer, dia bilang ntar tuh nomer dikasih aja ke MOM, bilang kalo itu NTUC something yang jujur aja nggak gue mengerti. Hehe. Jadi ya gue oke-oke-in aja. Setelah nelepon, gue langsung cabut ke MOM lagi,,menuju Clarke Quay lagi, masuk ke gedung MOM yang familiar, ambil nomer antrian, dan dapet nomer U 465. Setelah nunggu kurang lebih 1,5 jam..tiba giliran gue. Kali ini gue ketemu sama mbak-mbak di counter 32 dengan tampang berbau india (namun ternyata bisa bahasa melayu). Gue langsung aja bilang kalo kantor gue udah update medical insurance dan langsung nyodorin sederet nomer yang tadi udah gue catet. Tapi, dia langsung nolak gue dan bilang kalo dia nggak butuh nomer, dia butuh medical insurance yang udah di-update online.
"I don't need any number. All I need is the medical insurance has been updated by the company. Look. I'll help you to check it online."
Trus dia langsung cek lewat komputernya tentang update-an itu. (jujur aja,,gue masih nggak ngerti prosedurnya..) Setelah beberapa menit, dia langsung bilang "Sorry, it hasn't been updated yet. So, just call your company and tell them to update it. Please, don't come here it it hasn't been updated, you just waste your time and money." Oh no. Dengan dongkol, gue langsung cabut dari counter 32 dan nelepon kantor. Ternyata, bos gue lagi out of lunch. Alhasil, gue pulang lagi dengan tangan kosong dan begitu sampe rumah gue langsung email ke kantor dan bilang kalo MOM butuh medical insurance di update online, bukan dengan nomer yang tadi dikasih ke gue. Setelah gue email, sekretaris kantor yang namanya Constance langsung nelepon gue dan bilang kalo medical insurancenya udah diupdate dan gue bisa langsung ngurus si S Pass itu besok pagi-pagi. Huwahhhhh. Again????

Pagi-pagi, gue berangkat jam 8.30 dari rumah, langsung ke MOM. Dan ngantri dengan nomer U 160. Masih pagi udah nomer 160 aja. Gue nunggu kurang lebih 1 jam dan dapet counter nomer 21 (kalo nggak salah). Kali ini gue dihadapkan dengan ibu-ibu yang bertampang chinese. Gue cuman bilang kalo gue mau ngurus S Pass dan langsung nyodorin semua dokumen gue, dia meriksa-meriksa dan cuman komen tentang gelar sarjana yang nggak pernah ditranslate jadi bachelor (ya iyalahhh,,namanya juga title, masa ditranslate seenak jidat!). Trus dia beralih ke komputer, kayanya si meriksa update-an medical insurance yang jadi masalah, dan ngecap dokumen gue dengan namanya. Okay, all done! Trus dia nyerahin balik formulir MOM dan nomer antrian gue.
"Please go to the counter 42 to finish the payment. They will tell you what to do next." Gue ngangguk-ngangguk dan langsung ngacir ke counter 42, bayar $60 dan dikasih formulir lagi buat ke MOM Tanjong Pagar.

Setelah panas-panasan menuju MOM Tanjong Pagar yang jauh, dan deket sama container-container segede bagong, gue akhirnya sampe di MOM Tanjong Pagar yang tempatnya nggak sebagus MOM Havelock Road. Di sana suasananya lebih rusuh dan panas (itu yang utama). Gue rada bingung ngeliat orang yang banyakkk banget (kebanyakan orang melayu, filipina, dan india) pada ngobrol keras-keras dan bergerombol. Gue langung ikut ngantri di antrian resepsionis sambil ngintip2 ke orang-orang di depan gue, biar tau apa aja yang musti disiapin : paspor, formulir MOM, dan pas foto. Gue siapin aja pas foto yang gue bikin di ID photo box Clarke Quay. Pas udah tiba giliran gue, ternyata foto gue ditolak gara2 fotonya glossy dan alisnya ketutupan poni. Gue disuruh foto lagi di studio foto instant di luar pintu MOM yang juga diantriin orang banyak (musti bayar $6 lagi! sial,,uang gue melayang $12 buat foto yang nggak kepake dan nggak bagus2 amat). Setelah foto gue langsung balik lagi ke resepsionis dan dikasih nomer antrian B 105. Gue langsung cari tempat duduk kosong,,yang notabene jarang ditemui karena banyak banget orang di situ. Akhirnya gue nemu kursi kosong di sebelah serombongan mbak-mbak filipina, dan di belakang mbak-mbak indonesia yang masuk korporasi maid service singapore. Untunglah nunggunya nggak lama-lama banget, sekitar 30-40 menit, tiba giliran gue di counter 11. Dokumen diperiksa, foto gue di scan, dan formulir gue dicap. Setelah selesai, gue disuruh ke counter bagian belakang buat thumbnail print. Di counter belakang juga nggak terlalu panjang antriannya,, cuman 3 menit ngantri dan berhadapan dengan bapak-bapak chinese yang bisa ngomong melayu. Ditanyain nama lengkap, dipastiin foto di paspor, foto di scan, dan muka gue semuanya sama, trus diambil sidik jarinya deh.
Selesai.
Finish.
Done.
Akhirnya, 3 hari perjalanan gue ngurusin S Pass selesai juga. Tinggal nunggu kartunya jadi dan diambil tanggal 21 Mei 2008. Yipii.

0 winds from friends and strangers:

a little wind

My photo
i bake my own bread for breakfast, i craft everything i could think of, i watch arsenal, i dream of alaska, and i befriend old cameras. my world rotates on september.

inspiration.

 

subscribe for my updates