sesuatu yang bernama nasionalisme

Sudah cukup lama banyak kabar tentang 'pencurian' malaysia terhadap kultur Indonesia. Pagi ini sebelum berangkat ke kantor, ada tayangan jam setengah 8 pagi di tivi tentang budaya-budaya yang dicuri dan tentang banyak orang Ponorogo yang marah karena budaya Reog mereka diakui oleh Malaysia sebagai budaya Malaysia. Berarti di sana namanya Reog Malaysia.

Sebagai orang Indonesia yang 1000% berdarah Indonesia, gue tergugah..tergugah untuk melakukan pembelaan dan penolakan terhadap tindakan Malaysia yang kelewatan itu. Di tayangan tadi pagi, dijelaskan bagaimana Malaysia bisa-bisanya meng-klaim Reog sebagai budaya mereka, ternyata budaya itu sudah cukup lama ada di Malaysia. Ada pendapat yang menyatakan kalau masalah ini dianggap sebagai "grey area" karena kedekatan wilayah dan budaya antara Malaysia dan Indonesia. Tapi, alasan itu nggak cukup kuat untuk melakukan "pencurian budaya negara lain" donk!

Daftar budaya Indonesia yang sudah di-hak paten-kan oleh Malaysia sudah cukup banyak dan tidak bisa dibiarkan begitu saja. Sebut saja batik dan angklung. Dari SD jaman dulu, sudah diajarkan kalau batik dan angklung adalah budaya daerah di Indonesia, lalu apa hak Malaysia melakukan peng-klaim-an seperti itu? Kalau berjalan-jalan ke daerah-daerah penghasil batik di Jawa, kita bisa melihat bagaimana budaya itu sudah mendarah daging dan menjadi budaya sehari-hari masyarakat Indonesia, dan bahkan batik adalah pakaian nasional orang Indonesia.

Jangan sampai budaya lain juga diambil oleh Malaysia dan negara-negara lain! Budaya adalah aset bangsa yang paling berharga, mau dikemanakan identitas bangsa kalau semua budaya sudah habis diambil oleh negara lain?
Gue harap nggak akan ada lagi yang namanya "songket Malaysia" atau "baju kurung Malaysia" dll.. Gue nggak rela..

0 winds from friends and strangers:

a little wind

My photo
i bake my own bread for breakfast, i craft everything i could think of, i watch arsenal, i dream of alaska, and i befriend old cameras. my world rotates on september.

inspiration.

 

subscribe for my updates